Penyebab dan Solusi Rem Motor Bunyi

20 Jan 2021

Penyebab dan Solusi Rem Motor Bunyi

Belowspeed - Pernah mengalami suara berdecit dari area rem cakram motor saat direm yang pastinya mengganggu dan membuat malu ketika membawa motor? Penyebabnya simpel.

Suara itu penyebabnya dipastikan berasal dari kotoran yang melekat di piringan cakram.

Lalu kok bisa ada kotoran yang menempel di cakram motor?

Sumbernya banyak, bisa dari kotoran minyak dan oli, atau kotoran kampas rem dan bisa juga dari kampas rem yang telah aus / habis.

Oli atau minyak biasanya muncul akibat piringan rem tersiram oli, minyak rem atau oli sokbreker.

Suara berdecit yang muncul juga bisa disebabkan kotoran atau debu kampas rem yang tergerus serta kampas rem yang telah aus / habis.

Untuk mengusir suara berdecit yang lumayan mengganggu itu, bisa kok dikerjakan sendiri.

Nggak perlu harus datang ke bengkel langganan atau bengkel resmi, Bro!

Cukup pakai alkohol dan sabun colek.
Alkohol untuk membersihkan komponen rem yang kotor

Piringan bisa dicuci dengan sabun colek, tujuannya agar minyak atau oli yang nempel terangkat terlebih dahulu, Praktik membersihkan oli dengan sabun colek ini terbilang ampuh. Dengan cuci tangan pakai sabun colek, semua noda dan kotoran bisa langsung bersih.

Nah, untuk membersihkan kampas dan kaliper, bisa menggunakan angin bertekanan dengan bantuan kompresor. Kalau buat kampas rem dan kaliper cukup disemprot angin dari kompresor. Setelah itu baru gunakan alkohol sebagai pembersihan tahap akhir.

Alkohol paling ampuh mengangkat sisa-sisa minyak dan oli dan kampas yang telah aus / habis hanya dapat diperbaiki dengan mengganti kampas yang berkualitas baik agar tidak cepat aus dan menimbulkan bunyi berdecit.

Dengan cara ini dijamin suara berdecit di rem cakram nggak bakal nongol lagi.

Tags:

Leave A Comment